Beberapa dari kalian pasti sudah mendengar bahwa TeamViewer menjadi sponsor utama salah satu tim di liga inggris yaitu Manchester United.

Lantas, apa itu TeamViewer? TeamViewer adalah perusahaan teknologi yang berasal dari Jerman. Mereka bergerak di bidang perangkat lunak yang menyediakan konektivitas jarak jauh dan solusi akan digitalisasi di tempat kerja.

Perusahaan ini menggabungkan teknologi mutakhir, seperti Augmented Reality (AR), Artificial Intelligence (AI), dan Internet of Things (IoT) sebagai solusi yang mereka tawarkan kepada penggunaannya.

Dengan memanfaatkan solusi TeamViewer, pengguna dapat mengakses, mengontrol, mengelola, memantau, dan memperbaiki perangkat apa pun dari jarak jauh, baik itu perangkat laptop, ponsel, mesin, maupun robot industri.

Solusi TeamViewer tersebut memungkinkan orang atau perusahaan dapat bekerja dan berinteraksi secara digital, yang dinilai lebih efektif, meskipun dipisahkan oleh jarak.

Kini, nama TeamViewer terpampang jelas di bagian depan jersey MU menggantikan Chevrolet. Kerja sama MU dan TeamViewer

“Kemitraan dengan Manchester United adalah pilar utama untuk membentuk persepsi TeamViewer sebagai merek teknologi global,” ujar CEO TeamViewer Oliver Steil

Selain itu, TeamViewer juga akan mendukung proses digitalisasi di Man United. Misalnya, rencana untuk memasukkan solusi AR dalam pelatihan dan rehabilitasi, dan meningkatkan pengalaman fans melalui konten AR di kacamata pintar atau akses jarak jauh ke Old Trafford.

“Ini akan memperkuat luasnya portofolio solusi kami dan menjelaskan bagaimana kami menciptakan dunia yang bekerja lebih baik,” pungkas Steil.

Diperkirakan kontrak kerja sama antara MU dan TeamViewer ini bernilai 235 juta paun untuk jangka lima tahun ke depan. Kontrak ini diklaim yang terbesar di era pandemi COVID-19, yang mana bisa disamai kerja sama Rakuten dan Barcelona. MU diperkirakan mendapatkan 47 juta poundsterling per musimnya dari TeamViewer.

aplikasi TeamViewer sangat berguna bagi orang-orang yang memang membutuhkannya, misalnya pelajar dan mahasiswa. Mereka bisa bertukar pikiran atau mendapat pelajaran dari jarak jauh dari guru atau dosen mereka.

TeamViewer, yang dikembangkan perusahaan Jerman TeamViewer GmbH pada 2005, secara umum memiliki empat fitur utama, yakni Remote Support, Presentation, File Transfer, dan VPN. Remote Viewer, yang menjadi bagian dari Remote Support, adalah fitur paling populer dan paling sering digunakan oleh pengguna TeamViewer.

Aplikasi TeamViewer untuk komputer terbagi menjadi tiga kategori, yaitu bisnis, premium, dan perusahaan. Untuk harga sendiri, bisnis dibanderol dengan harga Rp5.842.000, premium Rp12.371.000, dan perusahaan Rp21.489.000

Versi gratis dari aplikasi ini juga tersedia, tentunya dengan beberapa pembatasan.

TeamViewer bisa digunakan di delapan sistem operasi, yaitu Windows, Mac, Linux, Chrome OS, Android, iOS, Windows App, dan BlackBerry.

TeamViewer bisa digunakan untuk:

Remote PC ke PC atau laptop ke laptop: masing-masing PC atau laptop harus diinstal aplikasi TeamViewer yang bisa diunduh di www.teamviewer.com.       

Remote PC dari smartphone Android: untuk mengendalikan PC dari smartphone android, PC menggunakan aplikasi Teamviewer, sedangkan Android harus diinstal TeamViewer for Remote Control.

Remote Android dari PC atau laptop: untuk mengendalikan Android dari PC, PC menggunakan aplikasi Teamviewer, sedangkan Android perlu diinstal TeamViewer QuickSupport.

Untuk cara menggunakannya, Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan Teamviewer:

  • Unduh aplikasi TeamViewer sesuai dengan yang dibutuhkan perangkatnya. Saat menginstal TeamViewer, pilih penggunaan personal atau non-commercial use supaya gratis.  
  • Buka TeamViewer yang sudah terinstal di perangkat yang digunakan
  • Layar akan menampilkan ID dan Password perangkat Mama. ID dan password ini diperlukan memberi akses pada perangkat lain untuk mengoperasikan perangkat Mama ini
  • Masukkan ID perangkat yang akan dioperasikan (ID client). Dalam hal ini, ID yang tertera di aplikasi TeamViewer yang terpasang di laptop atau PC yang digunakan anak.
  • Pilih Remote Control, lalu klik ‘Connect’.
  • Setelah itu akan muncul pop up untuk memasukkan password.
  • Klik ‘Log On’.
  • Selesai. Kedua perangkat sudah terhubung. Mama sudah bisa mengambil kendali laptop atau PC yang digunakan anak.